Gus Dur Keturunan Nabi Muhammad ?


Gus Dur,keturunan nabi? banyak orang yang tidak percaya bahwa Gus Dur yang terkenal kontroversial ini adalah keturunan nabi, namun dalam kenyataannya, silsilah gus dur menyambung ke rasullulah SAW.

Gus Dur

Gus Dur

Dapat dibuktikan dari sebuah Al-kitab Talchis karangan Abdulloh Bin Umar Assathiri. Sumber ini diklaim telah diteliti dan direstui Rois Aam Jam’iyah Ahlith Thoriqoh Al Muktabaroh An Nahdliyyah KH. Habib Lutfi Ali Yahya, Pekalongan.

Berikut petikan silsilah Gus Dur sampai ke Nabi Muhammad SAW:

Sisilah keluarga Gus Dur

  1. Muhammad Salallahu Alaihi Wailaihi Wasalam,
  2. Sayyidina Fatimatus Zahro dengan Sayyidina Ali,
  3. Sayyidina Husen Bin Ali,
  4. Sayyidina Ali Zaenal Abidin,
  5. Sayyidina Muhammad Al-Baqir,
  6. Sayyidina Ja’far Shodiq,
  7. Sayyidina Ali AL-Uroidi,
  8. Sayyidina Muhammad Annaqib,
  9. Sayyidina Sayyidina Isa Arrumi,
  10. Sayyidina Ahmad Al-Muhajir Ilallah.
  11. Sayyidina Ubaidillah,
  12. Sayyidina Alawi,
  13. Sayyidina Muhammad,
  14. Sayyidina Alawi Muhammad,
  15. Sayyidina ALI Choli’ Qosan,
  16. Sayyidina Muhammad Shohibu Mirbat,
  17. Sayyidina Alawi,
  18. Sayyidina Amir Abdul Malik,
  19. Sayyidina Abdulloh Khon,
  20. Sayyidina Ahmad Syah Jalal,
  21. Sayyidina Jamaludin Khusen,
  22. Sayyidina Ibrohim Asmuro,
  23. Sayyidina Ishak,
  24. Sayyidina Ainul Yaqin (Sunan Giri),
  25. Sayyidina Abdurrohman (Jaka Tingkir),
  26. Sayyidina Abdul Halim (P. Benawa),
  27. Sayyidina Abdurrohman (P. Samhud Bagda),
  28. Sayyidina Abdul Halim,
  29. Sayyidina Abdul Wahid,
  30. Sayyidina Abu Sarwan.
  31. Sayyidina KH. As’ari,
  32. Sayyidina KH. Hasyim As’ari,
  33. Sayyidina KH. Abdul Wahid Hasyim,
  34. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Gus Dur dilahirkan di Denanyar, Jombang di rumah Pesantren milik kakeknya dari pihak ibu. KH. Bisri Syansuri. Tanggal 4 Agustus 1940 adalah hari kelahiran beliau, walau ada yang berbeda pendapat dalam hal ini, sebagian lain menyatakan Gus Dur lahir tanggal 4 bulan 8 menurut kalender islam, jadi Gus Dur dilahirkan tanggal 7 september 1940. Namun tanggal 4 Agustus adalah Ultah yang biasa dirayakan oleh keluarga beliau.

Bila di runut silsilah Gus Dur dari pihak Ayah adalah sebagai berikut :

  1. Ayah beliau, KH.Wahid Hasyim, lahir di Jombang pada tahun 1914, pernah menjabat sebagai Ketua MIAI, Masyumi, Pendiri Barisan Hizbullah, anggota BPUPKI dan PPKI, menteri agama 5 kabinet era sukarno,pendiri Sekolah Tinggi Islam di Jakarta,Pelopor pendirian PTAIN ( IAIN –sekarang ), wafat pada tanggal 19 April 1953 akibat kecelakaan mobil didaerah cimahi- Jawa Barat, dikebumikan di jombang pada usia 39 tahun.
  2. Kakek Beliau, Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari, lahir di Jombang pada tahun 1871, seorang ahli hadist,Pendiri Pesantren Tebu Ireng pada tahun 1899, Pendiri Jamiyah NU pada tahun 1926,pelopor lahirnya “resolusi jihad “ pada tahun 1945 yang dikenal sebagai hari pahlawan, Wafat pada bulan Juli 1947
  3. KH.Asy’ari, Pendiri Pesantren Keras sebelah selatan Jombang, Halimah istri KH. Asy’ari adalah anak Kyai Utsman, walaupun demikian beliau masih keturunan Jaka Tingkir, Kiai Asy’ari, adalah putera Kiai Abdul Wahid dari desa Tingkir itu sendiri, dari istri yang berasal dari Demak.
  4. Kyai Utsman, Pendiri Pesantren Gedang, seorang guru tarekat, tarekat yang berkembang kala itu adalah Qadiriyyah dan Naqsabandiyyah
  5. Kyai Sichah atau dikenal dengan abdus salam, pendiri Pesantren Tambak Beras pada tahun 1838 sebelah utara kota Jombang.
  6. Abdul Jabar
  7. Ahmad
  8. Pangeran sambu/mba sambu/ Sayid Abdurahman, banyak melahirkan keluarga pesantren yang tersebar di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, tiga orang keturunan Mbah Sambu yang menjadi orang besar: Kiai Mutamakkin (Pati), penulis kitab tasawuf dalam bahasa Jawa (Serat Cabolek), Kiai Saleh Darat (Semarang); dan K.H. Hasyim Asy’ari;(Jombang), pendiri Nahdlatul Ulama.
  9. Pangeran Benowo/Benawa, adipati Jipang dikenal juga sebagai guru tarekat
  10. Jaka Tingkir /mas karebet/ Sultan Hadiwijaya/Sayid Abdurahman Basyaiban, Pendiri Kerajaan Pajang, ada yang menyebutkan bahwa Jaka Tingkir masih keturunan dari Nabi Muhammad SAW,walau secara resmi belum diakui oleh pengurus silsilah keturunan nabi.
  11. Brawijaya VII atau dikenal dengana nama Lembu Peteng, Raja terakhir Kerajaan Majapahit
  12. Brawijaya VI dikenal juga sebagai Kartawijaya atau Damarwulan
    Ada juga yang menyatakan bahwa Gus Dur adalah keturunan dari Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar. Dikisahkan bahwa Sunan Kalijaga kawin dengan anaknya Syekh Siti Jenar, dari perkawinan itulah leluhur gus dur dilahirkan.
  13. Gus Dur pernah menyatakan bahwa beliau keturunan cina pula, yang di bawa dari garis Ibu, Nyai Solihah Wahid, putri dari KH. Bisri Sansuri,salah satu tokoh pendiri NU, Rois am Nu tahun 1971 – 1980.
  14. Dari garis Ibu, leluhur beliau adalah bermarga Tan, yaitu Tan kin ham seorang panglima perang yang membantu Raden Patah mengalahkan kerajaan Majapahit, dikenal pula dengan nama Syekh Abdul Qodir “Al-Shini”,dikuburkan di Trowulan ,Mojokerto,Jawa Timur.Dari silsilah tersebut bisa disimpulkan bahwa Gus Dur adalah keturunan dari orang- orang yang berpengaruh dizamannya.

diolah dari berbagai sumber

About these ads

4 gagasan untuk “Gus Dur Keturunan Nabi Muhammad ?

  1. hampir dari semua kiyai dijawa timur itu keturunan nabi mbak,apalagi diprobolinggo,kiyai2 yg terkenl disana semua keturunan nabi,nasabnya melalui sunan giri,ada juga yg tidak kesunan giri tapi ke kiyai khalil bangkalan.coba anda lihat silsilah kiyai hasan genggong.
    kiyai zaini nurul jadid,kiyai munir sirojul islam, dan kiyai kiyai yg lain,semua nyambung ke rasulullah saw kok

    • Terimakasih atas infonya, semakin membuka wawasan kita, bahwa kyai kita mempunyai jalur keteruana langsung dengan Kanjeng Nabi Muhammad SAW, dengan demikian Islam di Indonesia semakin mantab

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s