Atlantis sukses diluncurkan


Platforms around Endeavour in Orbiter Processi...

Image via Wikipedia

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com — Pesawat ulang alik Atlantis sukses diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida, Jumat (8/7/2011) sekitar pukul 11.29 waktu setempat atau pukul 22.29 WIB malam ini. Ini merupakan perjalanan ke antariksa yang bersejarah karena untuk terakhir kalinya badan antariksa AS, NASA, akan mengakhiri misi ulang aliknya.

Bahan bakar mulai dinyalakan sejak 30 detik menuju peluncurannya. Kepulan asap putih dan api yang membara dari bagian bawah tangki bahan bakar mengawali proses peluncuran pesawat ulang alik tersebut ke luar angkasa. Pesawat terlihat selama 42 detik sebelum hilang di balik awan.

Saat-saat menegangkan terjadi ketika pesawat menuju orbit dalam 10 menit sejak bahan bakar dinyalakan. Pada menit ke-9, pesawat melepaskan diri dari tangki bahan bakar dan memulai perjalanannya ke ruang angkasa sebelum menuju ISS dalam dua hari ke depan.

Atlantis membawa empat astronot yang akan bertugas di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS). Mereka akan menjalankan misi selama 12 hari dengan satu kali misi spacewalking atau bekerja di luar angkasa secara langsung.

Ini merupakan peluncuran pesawat ulang alik ke-135 dan peluncuran Atlantis ke-33 sejak program tersebut dimulai tahun 1981. Peluncuran tersebut adalah untuk membangun stasiun antariksa internasional bersama Rusia. Selama program dilakukan, dua pesawat ulang alik meledak, yakni Challenger dan Columbia. Dua pesawat lainnya, Discovery dan Endeavour, sudah lebih dulu dipensiunkan

Serpihan Cosmos Ancam Stasiun Antariksa

Tri Wahono | Senin, 11 Juli 2011 | 21:34 WIB

HOUSTON, KOMPAS.com – Badan Antariksa AS (NASA) sukses dengan mulus menempatkan pesawat ulang alik Atlantis di Stasiun Antariksa Internasional (ISS), Minggu (11/7/2011). Namun, kini NASA harus menghadapi masalah karena stasiun antariksa terancam ditabrak sampah antariksa.

Stasiun Antarisa Internasional

Sampah antariksa yang mengarah ke ISS merupakan serpihan satelit Cosmos 375 yang diluncurkan Uni Soviet tahun 1970. Satelit tersebut hancur karena bertabrakan dengan satelit lainnya sehingga pecahannya ke mana-mana. Salah satu serpihan tersebut diperkirakan menabrak ISS pada Selasa besok pukul 23.00 WIB, namun tidak diketahui seberapa besar ukurannya.

“Tim berharap dapat mencari informasi pergerakannya setelah proses docking (Atlantis) selesai untuk menentukan apakah perlu dilakukan manuver menggunakan jet pendorong (thruster) untuk menghindari pecahan tersebut,” tulis NASA dalam pernyataan resminya.

Antisipasi terhadap tabrakan serpihan satelit itu menjadi perhatian penting tidak hanya karena bisa membahayakan stasiun antariksa. Datangnya pecahan tersebut juga diperkirakan bersamaan waktunya saat para astronot akan melakukan tugas langsung di luar stasiun antariksa atau disebut spacewalk.

Pesawat ulang alik Atlantis yang diluncurkan Jumat minggu lalu merapat ke ISS, Minggu kemarin sekitar pukul 23.07 WIB. Empat astronot yang terbang dengan pesawat tersebut telah melakukan inspeksi rutin untuk memastikan lapisan pelindung pesawat tetap aman untuk pulang ke Bumi setelah misi 12 hari.

Sebelum merapat kemarin, Atlantis juga melakukan manuver berbalik agar para astronot di ISS dapat memotret bagian perutnya untuk memastikan tidak ada lapisan pelindung panas yang terkelupas. Pintu Atlantis dibuka sekitar dua jam kemudian setelah merapat ke ISS dan dua tim astronot bertemu.

Peluncuran Atlantis kali ini mencatat sejarah tersendiri karena merupakan misi terakhir program ulang alik NASA yang sudah berjalan selama 30 tahun. Untuk sementara waktu dalam beberapa tahun ke depan, para astronot NASA akan dikirim dengan roket Soyuz milik Rusia. Selanjutnya, NASA tengah menyiapkan wahana penggantinya yang siap melakukan penjelajahan ke Bulan, Mars, hingga ke asteroid.

Sumber  : Kompas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s