Teknologi Robot Pengisap Radiasi Beroperasi


South-Yokohama Powerplant (Yokohama,Japan)

Image via Wikipedia

Robot Warrior

KOMPAS.com — April lalu, operator reaktor nuklir Fukushima, Jepang, Tokyo Electric Power Co (TEPCO), mendatangkan dua robot produksi iRobot Amerika Serikat bernama Warrior dan Packbot. Tujuannya, antara lain, membantu mengalirkan air untuk pendinginan dan mengukur radiasi yang ada di sekitar reaktor.

Empat bulan setelah krisis nuklir Fukushima akibat gempa dan tsunami Maret lalu, TEPCO pun punya program lain. Perusahaan tersebut berniat membersihkan radiasi yang ada di sekitar reaktor Fukushima, sekali lagi dengan bantuan robot.

Improvisasi dilakukan dengan mengintegrasikan vacuum cleaner robotik dan sistem pendukungnya pada robot Warrior yang sebelumnya telah dipakai. Dengan cara ini, paparan radiasi yang mengancam pekerja yang sedang melakukan reparasi dikurangi dan akumulasi pasir tersedot.

Pembersihan radiasi sudah dimulai sejak 1 Juli lalu. Apakah program ini berhasil? Sejauh ini belum ada informasi terkait, jadi tunggu saja. Video di bawah ini menunjukkan bagaimana Warrior membersihkan radiasi dan pasir.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s