Makanan Super untuk Otak


Jadi ingat waktu belanja di Jogja Majenang bersama Viven, sempat beli Oatmeal untuk kesehatan jantung ternyata ada kasiat lain dari Oatmeal…. selamat membaca cuplikan dari Kompas dengan judul yang sama

KOMPAS.com — Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia yang bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu, perlu nutrisi yang tepat dan berkualitas untuk menjaga supaya otak Anda tetap berfungsi dengan baik.

Dengan membuat pilihan makanan yang cerdas, kita dapat menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Berikut adalah beberapa pilihan cerdas untuk menjaga agar fungsi otak Anda tetap dalam kondisi baik :

Blueberry

Blueberry

* Blueberry – Menurut beberapa penelitian, konsumsi buah Blueberry terbukti dapat melindungi otak dari stres, demensia, dan penyakit alzheimer. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang kaya blueberry secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan belajar dan keterampilan motorik.

* Alpukat – Meskipun dianggap sebagai “buah lemak”, alpukat ternyata berkontribusi untuk menjaga aliran darah tetap sehat, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi risiko hipertensi yang dapat menyebabkan stroke.

* Ikan – Konsumsi ikan seperti salmon adalah pilihan yang baik dibandingkan ikan air tawar ikan. Pasalnya, ikan salmon mempunyai kandungan omega-3 asam lemak esensial yang tinggi yang penting untuk fungsi otak.

* Kacang dan biji-bijian – Kacang atau biji-bijian merupakan sumber vitamin E. Makanan ini sangat penting untuk otak Anda dalam mencegah penurunan fungsi kognitif.

* Roti gandum, beras merah, dan “oatmeal” – Makanan ini juga berkontribusi untuk menjaga otak tetap sehat sekaligus mengurangi risiko penyakit jantung. Dengan meningkatnya kesehatan jantung dan aliran darah meningkat, otak dipastikan akan berkembang dengan baik. Pasalnya, oksigen yang masuk ke otak akan meningkat, begitu pula pengiriman nutrisi melalui aliran darah.

* Teh hijau – Minum teh yang baru diseduh juga baik bagi otak Anda karena teh memiliki antioksidan kuat, terutama pada kandungan catechines yang dapat mendorong aliran darah agar tetap sehat.

* Coklat hitam – Dark chocolate atau lebih dikenal dengan coklat hitam memiliki sifat antioksidan yang kuat dan mengandung beberapa stimulan alami yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Bahkan, coklat ini juga dapat mendorong produksi endorphin yang membantu meningkatkan mood.

Lima Makanan Super untuk Bobot Ideal

Makanan Sehat

Makanan Sehat

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah mengatur makanan, bisa ditebak, berat badan Anda melambung naik. Karena itu, pilihlah makanan yang bisa tetap menjaga kelangsingan tubuh dan pastinya lezat di lidah.

1.    “Grapefruit”
Pernah mencoba grapefruit? Para ahli di Scripps Clinic di La Jolla California, AS, meneliti efek grapefruit untuk penurunan berat badan. Hasilnya, mengonsumsi separuh buah itu sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan.

Mekanisme bagaimana buah itu menurunkan berat badan belum diketahui, tetapi hasilnya sudah berbicara. Buah ini juga mengandung senyawa antikanker, seprti liminoid dan likopen. Grapefruit merah terbukti membantu menurunkan trigliserida.

2.    Sarden
Ikan sarden mengandung protein yang membantu menstabilkan gula darah sehingga Anda tak mudah lapar dan membantu menstimulasi metabolisme. Sarden juga kaya asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung dan menjaga mood sehingga Anda tak ingin mengemil.

3.    Labu
Di AS, labu ini sering digunakan sebagai hiasan Thanksgiving. Labu ini baik untuk menurunkan berat badan sebab kaya akan serat dan rendah kalori. Hanya mengandung 40 kalori! Banyak penelitian membuktikan bahwa makanan kaya serat baik untuk menjaga berat badan sehat.

4.    Daging sapi organik
Artinya, daging sapi ini bebas antibiotik, steroid, dan hormon dan hanya makan rumput. Daging sapi jenis ini merupakan sumber protein yang baik. Protein ini menstimulasi metabolisme, membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menurunkan keinginan untuk makan berlebihan. Daging sapi sehat ini mengandung asam omega-3 yang memberi Anda manfaat sehat ganda.

5.    Teh hijau
Ini termasuk minuman, bukan makanan. Namun, teh hijau merupakan solusi langsing yang baik. Teh hijau juga kaya antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung, membantu pencernaan makanan, dan mengatur kadar gula darah dan suhu tubuh. Teh ini meningkatkan laju metabolisme dan mempercepat oksidasi lemak sehingga membantu proses pelangsingan. Minumlah teh hijau setiap hari untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sejumlah penelitian membuktikan, minum lima cangkir teh hijau sehari bisa menurunkan lemak tubuh. @ diy

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s