Susunan Gen Ganja Berhasil Dipetakan


Riset

KOMPAS.com — Susunan kode genetik atau genom tanaman ganja berhasil diurutkan oleh tim peneliti dari Medicinal Genomics, perusahaan farmasi yang berbasis di Belanda. Temuan ini diharapkan bisa menjadi perintis untuk penelitian efek tanaman ganja dalam pengobatan kanker.

Susunan gen tersebut sekarang masih “mentah”, belum pada bentuk yang sudah dapat digunakan. Namun, saat proses itu selesai, tiap gen yang aktif menyusun tanaman ini akan terurai dan dapat diisolasi.

“Memahami gen-gen ini serta karakteristiknya akan memungkinkan kita mengontrol berbagai kandungan di dalam tanaman ganja,” ujar Kevin McKernan dari Medicinal Genomics.

Penelitian ini diharapkan bisa menjadi terobosan baru bagi dunia pengobatan karena merintis jalan menuju penelitian efek tanaman ganja untuk pengobatan kanker dan peradangan.

Ganja telah dikenal manusia sejak lama dan digunakan sebagai bahan pembuat kantong karena serat yang dihasilkannya kuat. Biji ganja digunakan sebagai sumber minyak. Tumbuhan ini sering pula disalahgunakan untuk mabuk-mabukan. (National Geographic Indonesia/Gloria Samantha)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s