Monyet Spesies Baru ditemukan di Amazon


KOMPAS.com — Para peneliti menemukan spesies baru monyet dalam ekspedisi di pedalaman Hutan Amazon, Brasil.

Monyet spesies baru dari jenis monyet titi ini memiliki perbedaan pada warna penanda pada kepala dan ekornya. Penanda ini tidak ditemukan sebelumnya pada monyet lain di kelompoknya.

Laporan World Wildlife Fund (WWF) tanggal 26 Agustus 2011 menyebutkan belum memberikan nama identifikasi spesies bagi temuan itu.

Penemuan oleh ahli biologi, Julio Dalponte, ini mengambil tempat pada areal sekitar 950 kilometer antara Sungai Guariba dan Sungai Roosevelt. Kedua sungai ini berada di Brasil bagian utara atau wilayah Mato Grosso.

Sebelum ekspedisi ini, pengetahuan akan areal itu sangat minim. Selain temuan itu, mereka juga mengidentifikasi beberapa hewan hampir punah, seperti anteater raksasa, armadilo raksasa, otter raksasa, jaguar, dan ocelot.

Perjalanan ekspedisi itu juga mencatat keberadaan 48 mamalia berbeda, 208 spesies ikan, dan 313 spesies burung yang dua spesies di antaranya musiman.

Temuan-temuan ini semakin menguatkan pentingnya perlindungan hutan dari deforestasi dan perusakan akibat perambahan. Mato Grasso merupakan daerah dengan tingkat deforestasi tertinggi di Amazon.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s