Mau Coba Windows 8? Unduh di Sini


Tampilan muka Windows 8.

KOMPAS.com – Microsoft telah merilis Windows 8 dalam konferensi BUILD yang digelar di Anaheim, California, Selasa (13/9/2011). Windows 8 yang diperkenalkan memang baru versi bagi para pengembang atau disebut developer preview.

Namun demikian, bukan berarti Anda tak bisa mencobanya. Semua orang dapat mencobanya gratis dengan mengunduh dari situs yang telah disediakan Microsoft. Ada tiga versi yang disediakan masing-masing dua untuk sistem 64 bit dan satu untuk 32 bit. Berikut tiga versi yang disediakan berikut link untuk mengunduh masing-masing versi.

– Windows Developer Preview English, 32-bit (x86) – Windows Developer Preview English, 64-bit (x64) – Windows Developer Preview with developer tools English, 64-bit (x64)

Ukuran file dari masing-masing pilihan di atas bervariasi, mulai dari 2,8 GB untuk yang paling atas, 3,6 GB untuk yang tengah dan 4,8 GB untuk yang paling bawah. Seperti yang dinyatakan oleh Microsoft, Windows 8 versi developer preview ini belum final sehingga setelah selesai mengunduh, Anda harus menyimpannya di CD atau flashdisk.

Jika memilih versi dengan “developer tools”, pengguna hanya bisa melakukan clean install. Namun, jika Anda memilih yang lain, Anda bisa melakukan upgrade dari Windows XP, Windows Vista, atau Windows 7.

Sebelum mengunduh, Anda harus benar-benar memahami bahwa sistem operasi ini belum final sehingga masih ada kekurangan di sana sini. Anda juga perlu memastikan bahwa perangkat keras yang dimiliki mendukung Windows 8. Microsoft menyatakan bahwa semua perangkat yang mendukung Windows Vista dan Windows 7 bisa mendukung Windows 8.

Untuk Windows 8 x86 (32 bit) spesifikasi minimal adalah prosesor 1 GHz, Ram 1 GB dan kapasitas penyimpanan 16 GB. Sementara untuk x64 (64 bit), Anda membutuhkan prosesor 1 GHz, RAM 2 GB dan kapasitas penyimpanan 20 GB. Tak peduli pilihan yang akan diunduh, anda butuh DirectX 9 compliant GPU dengan WDDM 1.0 atau driver lebih tinggi.

MICROSOFT
Perangkat tablet Samsung Prototype PC with Windows Developer Preview didemonstrasikan Michael Angiulo, corporate vice president of Windows Planning, Hardware & PC Ecosystem, Selasa (13/9/2011) dalam konferensi BUILD di Anaheim, California, AS.

ANAHEIM, KOMPAS.com – Beruntunglah para pengembang aplikasi yang hadir dalam konferensi BUILD yang diselenggarakan Microsoft di Anaheim, California, AS. Sekitar 5000 peserta akan pulang dengan membawa perangkat tablet Samsung yang menggunakan software terbaru Windows 8 secara cuma-cuma.

Perangkat yang diberi nama Samsung Prototype PC with Windows Developer Preview PC itu merupakan edisi terbatas dan tidak akan dijual ke publik secara komersial. Khusus dibagikan bagi para pengembang untuk menjajal software baru Microsoft itu serta mengetes aplikasi yang akan dikembangkan pihak ketiga.

“Ini mesin untuk para pengembang,” kata Sinofsky. “Ini merupakan cara pas menjajal Windows 8 di hardware yang sudah mendukung dengan baik,” jelasnya seperti dilansir situs Redmonmag.com. Di dalamnya sudah ter-install Windows Developer Preview serta sejumlah aplikasi buatan mahasiswa yang dikembangkan dalam workshop 10 minggu yang dihelat Microsoft, dari game hingga software yang mendukung produktivitas. Untuk kebutuhan pengembang, sudah ada Visual Studio 11 Express, Microsoft Expression Blend 5, serta Windows App Certification Kit.

Perangkat tablet yang dibagikan itu menggunakan layar sentuh yang dilengkapi pena stylus. Layarnya berukuran 11,6 inci dengan resolusi maksimum 1366 x 768 pixel. Prosesor yang digunakan Intel Core i5 dengan media penyimpan SSD 64 GB, dan memori DDR3 4 GB. Beratnya sekitar 1 kg.

Perangkat ini dirancang bisa dimanfaatkan sebagai tablet yang hanya mengandalkan navigasi di layar sentuhnya maupun sebagai PC atau notebook. Dalam paketnya disertakan keyboard tambahan yang bisa terhubung melalui Bluetooth. Tersedia pula port untuk mpuse dan mendukung layar ganda lewat port HDMI.

Tidak hanya dapat tablet gratis, masing-masing peserta BUILD juga dapat langganan gratis internet selama setahun lewat jaringan AT&T 3G di Amerika Serikat. Selain akses lewat 3G, juga ada koneksi WiFi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s