Cara membaca tabel Takson


Kotak taksonomi adalah tabel yang menjelaskan klasifikasi ilmiah dari organisma atau sekelompok organisma. Pada saat ini (2005), terdapat lebih dari 10.000 kotak taksonomi dalam Wikipedia berbahasa Inggris.

Taxobox example.png

Silakan liat gambar di sebelah kanan, yang menunjukkan kotak taksonomi dari artikel en:Colorado potato beetle.

  1. Judul dari kotak adalah nama umum dari organisma, jika ada, atau nama ilmiahnya.
  2. Pada banyak spesies, baris ini memberikan status konservasi dari spesies tersebut – sebagai indikator kemungkinan spesies ini dapat bertahan hidup. Colorado potato beetle dituliskan sebagai “Secure” (pada artikel bahasa Inggris): berarti tidak ada ancaman yang nyata terhadap kelangsungan hidup spesies ini. Pada spesies yang terancam punah, Wikipedia akan menuliskan status sebagai IUCN Red List of Threatened Species.
  3. Gambar spesies.
  4. Bagian utama dari kotak taksonomi menjelaskan klasifikasi ilmiah yang saat ini diterima secarai umum dari organisma yang dijelaskan pada artikel tersebut. Hierarki ini disebut sebagai “taxa” (bentuk tunggal: taxon), yang dimiliki organisma ini. Jika taksonomi masih dianggap belum pasti atau masih diperdebatkan, bagian ini akan berusaha mewakili konsensus saat ini secara konservatif, yang berarti tidak mengikuti perkembangan penelitian yang paling akhir.
  5. Pada bagian kiri dari klasifikasi adalah “ranks” dari taxa yang disebutkan pada bagian kanan. Spesies adalah populasi dari individu yang saling berhubungan yang memiliki bentuk yang sama dan dapat melakukan perkembangbiakan bersama.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s