Kenaikan Suhu Akan Datangkan Bencana Dalam 500 Tahun


Oleh Arief Sujatmoko  | 18-10-2011 | http://ngi.cc/nyF | alam dan lingkungan

Kenaikan Suhu Akan Datangkan Bencana Dalam 500 Tahun

Timo Balk/stock.xchng

Kenaikan suhu di Bumi akan mendatangkan bencana karena kenaikan permukaan air laut, di abad-abad mendatang. Melonjaknya biaya, masalah sosial dan migrasi juga menjadi bencana atas kenaikan suhu tersebut. Peneliti dari Niels Bohr Institute, Copenhagen menyatakan bahwa hantaman bencana-bencana tersebut bisa terjadi dalam kurun waktu 500 tahun dari sekarang.

“Berdasarkan situasi saat ini, kami telah proyeksikan kenaikan permukaan laut 500 tahun mendatang,” jelas Aslak Grinsted dari Niels Bohr Institute. Pengukuran ini telah dikembangkan bersama peneliti dari Inggris dan Cina yang berdasarkan keadaan emisi gas rumah kaca, aerosol, dan polusi atmosfer. Menurut mereka, model ini telah diukur secara aktual yang kemudian digunakan untuk prediksi kenaikan permukaan air laut.

Setelah melakukan perhitungan, para peneliti memperkirakan empat skenario tentang keadaan di masa depan. Skenario pertama, emisi akan terus meningkat dan permukaan air laut akan naik 1,1 m tahun 2100, lalu 5,5 m di tahun 2500.

Skenario kedua merupakan yang paling optimistis, kemajuan teknologi dan kerjasama internasional semakin kuat untuk mengurangi gas rumah kaca dan polusi, permukaan air laut tetap meningkat 60 cm pada tahun 2100 dan 1,8 m pada 2500. Dua skenario lainnya merupakan yang realistis dan diperkirakan akan terjadi, yaitu permukaan air laut naik sekitar 75 cm pada 2100 dan 2 m pada 2500.

Aslak mengatakan bahwa permukaan air laut telah meningkat 2 mm tiap tahunnya, sejak abad ke-20. Namun, seiring berjalannya waktu, permukaan air laut meningkat 70 persen lebih cepat.

“Walaupun kita berhasil mengontrol gas rumah kaca dan polusi, permukaan air laut akan terus meningkat karena reaksi dari pencairan es membutuhkan waktu yang lama. Diperkirakan reaksi yang diakibatkan pencairan es itu terjadi setelah 200-400 tahun mendatang,” tambah Aslak. (Science Daily)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s